Friday 26 July 2019

Cuma Kenal?

Menurut saya kalimat kenali diri sendiri itu ga cukup, kurang dalam, hehehe.. menurut saya pahami diri sendiri itu baru pas. Lebih dari kenal, tahu luar dalamnya, tahu sukanya apa, maunya apa, ya sama kayak hubungan kita dengan seseorang lah. Kalau cuma kenal, kita cuma tahu namanya dan tahu orangnya tapi tidak paham orangnya seperti apa luar dalamnya.

Kenapa tiba-tiba bahas perbedaan kenali dan pahami sih? Jadi ini ceritanya related dengan kondisi badan saya beberapa hari lalu. Setelah makan siang, perut saya kembung, kenyang dan begah sampai malam. Saya bertanya-tanya ini karena apa, merasa kenal dengan kondisi badan sendiri, saya mencoba berasumsi nasi shiratake yang saya makan adalah penyebabnya. Tapi ternyata ga hanya perut kembung yang jadinya malah melilit, saya juga diserang sakit kepala hebat dan demam yang lumayan tinggi. Merunut pada apa yang saya makan, yang saya rasa normal-normal aja seperti biasanya, saya tetap berpikir ini penyebab nasi tapi kemudian bisa aja ini penyebabnya adalah makanan basi yang tanpa sadar saya makan. Karena saya merasa masakan yang saya makan dengan nasi shiratake ini kurang fresh, tempenya baunya aneh, saya tahu bau tempe bosok, tapi ini beda.

Selama 2 hari saya ga bisa ngapa-ngapain, berdiri pusing, sakit kepala, gerak sambil rebahan aja perut rasanya sakit dan demam yang semakin menjadi apalagi kalau malam. Nah, makanya saya bilang kenal aja ga cukup, saya ngerasa saya kenal badan saya, tahu kalau perut saya suka kambuh asam lambungnya, tapi ini bukan asam lambung, saya twisting pun ga ngefek (biasanya untuk meredakan asam lambung saya melakukan gerakan yoga twisting ringan di kasur). Sebagai langkah untuk memahami tubuh sendiri, saya mengingat apa yang saya makan dari hari minggu yang mungkin saya tahu apa penyebabnya.

Tapi ya namanya juga memahami badan sendiri seperti memahami seseorang, butuh proses. Saya masih belum tahu apa penyebabnya tapi badan ini sudah sedikit lebih baik, kepala sudah jauh lebih ringan, demam sudah reda dan sakit perut frekuensinya sudah jauh lebih berkurang. Dan sepertinya saya harus mengurangi makanan pedas dan kopi untuk beberapa hari ini demi stabilitas perut saya, pencernaan saya baik-baik saja btw.

Kamu sendiri gimana? Sudah kenal dengan diri sendiri? Dengan badan sendiri? 
Sudah seberapa paham?


Semoga kita semua selalu sehat dan berbahagia,
Cheers,

No comments: