Tuesday 3 January 2017

(Tak) Berlari

Selamat tahun baru!
Apa resolusimu di tahun ini? Terdengar klise memang, tapi kadang itu penting sebagai target, tak perlu berambisi, hanya perlu dilakukan penuh konsistensi, diiringi doa dan banyak keberuntungan. Punyaku tahun ini?
Tuhan tahu mauku apa.

Sore tadi aku bertemu teman lamaku, teman dari masa kami remaja, masa SMA, saat kami semua tak perlu memikirkan pekerjaan atau keluarga. Aku bertemu mereka, dan merasakan perbedaan. Bukan tentang bagaimana mereka memperlakukan aku, kami masih saling menyela seperti dulu. Tapi ini tentang hidup, entah aku yang jalan terlalu lambat atau mereka berlari begitu cepat, diantara mereka, aku tertinggal.

Akan kusampaikan padamu tentang pertanyaan klise disetiap pertemuan teman lama, atau arisan keluarga, atau basa basi yang sebetulnya bisa menyakitkan hati. Nah, bila teman - temanku sudah memasuki tahap pertanyaan ke 3 atau ke 4, aku belum mampu menjawab pertanyaan pertama, bahkan pertanyaan untuk  persiapan menuju tahap 1 pun, aku tak tahu harus menjawab apa.

Ini lucu, tahun terus bertambah, kehidupan semakin maju, teknologi semakin canggih, manusia semakin pintar tapi kenapa tolak ukur kehidupan seseorang bisa ditentukan oleh pertanyaan diserangkaian tahap itu.

Ah, aku mulai bosan dengan pertanyaannya, aku hanya akan diam, dan menjawab bila sudah bisa kubuktikan.
Aku akan ikut berlari seperti kalian dalam kehidupan, tunggu saja.

No comments: