Friday 5 April 2019

Menangkap Cahaya

Pernahkah kalian merasa bosan dan lelah tak berkesudahan? 

Saya merasakannya akhir-akhir ini, saya bosan dengan hidup yang sepertinya begini-begini saja. Semakin ke sini, semakin saya merasa malas melakukan semuanya, bertanya-tanya kapan bosan dan malas ini akan berakhir dan hanya merasakan semangat ketika sore menjelang dan saya berlatih yoga.

Mungkin kalian akan menjawab kalau bosan dengan pekerjaan yang sekarang, coba cari suasana baru dengan pindah tempat kerja. Oh, percayalah, saya baru 3 bulan di perusahaan yang sekarang ini dan kalau kalian tahu, perusahaan yang sekarang ini sangat menyenangkan karena kegiatan utamanya selalu ditutup dengan gala dinner megah yang undangannya adalah para pengusaha top, saya pikir saya harus pindah ke mana lagi untuk loncat mendongkrak career path saya? 

Ada beberapa asumsi kenapa kemalasan dan kejenuhan ini semakin memuncak, salah satunya adalah saya kerja dari rumah, remote work atau yang semacam itu lah istilahnya. Sudah berapa lama? Kalau ditotalkan mungkin sekitar 2 tahun, karena di perusahaan sebelum ini, saya hanya ke kantor seminggu 2-3 kali, sisanya hanya meeting dengan client, atau menghadiri conference atau minggle di pameran-pameran. Saya kadang rindu suasana kantor, kubikel dan bercanda dengan teman kantor, tapi saya juga selalu merasa beruntung karena tidak harus berurusan dengan drama kantor mengenai pertemanan, promosi jabatan atau debat dengan atasan.

Ternyata saya tidak sendiri dalam menghadapi titik jenuh ini, sahabat saya pun merasakan hal yang sama dan sudah tidak tertarik untuk pindah mencari kerja ke perusahaan lain. Dalam beberapa diskusi yang seringnya diawali oleh curhat, kami bertemu dengan istilah lightworker. Apakah kami adalah salah satu dari para lightworker? Dari ciri-ciri yang disebutkan di berbagai tulisan, sebagian besar kami merasakannya dan hal ini berkaitan erat dengan spiritualitas. Mungkin akan saya bahas lain kali bagaimana pengalaman spiritual saya and believe me, it isn't related with ghost walaupun saya percaya mereka ada.

Dari curhat dan diskusi, kami menemukan beberapa jenis karir yang cocok dengan lightworkers dan saya memulai kembali menulis blog ini tanpa puisi adalah bagian dari mencoba untuk menuliskan dan menjadikannya sebagai kebiasaan.
Apakah ini adalah cita-cita saya? Hmm... mari kita runut dari saya SD, waktu itu cita-cita saya adalah ingin menjadi guru kemudian berubah menjadi wanita karir. Saya masih ingat baju yang saya pilih untuk acara bebas pengambilan raport, saya ambil setelan rok dan blazer warna biru langit. Kemudian bercita-cita ingin menjadi model (so mainstream, I know), penyiar radio, have my own business and then it changes to I want to help people, with anything. I love to listen someone's story, whether they need solutions or only need an ears to listen without any comments. 

Tahun lalu keinginan untuk menjadi guru yoga semakin kuat, saya sedang berusaha untuk mengambil teacher training segera (OMG! It isn't cheap and they're all so commercial now) dan tahun ini, akan ada beberapa hal yang kami lakukan yang sekiranya pekerjaan ini mendukung dan semakin meyakinkan kami sebagai lightworkers.

Semoga kalian yang merasakan kejenuhan yang sama bisa mendapatkan pencerahan,
untuk sementara, enjoy it and keep observing the world around you.


Cheers!

No comments: