Wednesday 21 August 2019

Memanusiakan Manusia

Humaniora adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membuat atau mengangkat manusia menjadi lebih manusiawi dan berbudaya. (Wikipedia).

Dulu sekali, setiap hari Sabtu diawal semester kuliah D3 saya, saya dan teman seangkatan wajib untuk mengikuti kuliah umum bernama Humaniora, tidak ada jumlah SKS nya, tapi sertifikatnya merupakan salah satu syarat kelulusan. Apa yang dipikirkan seorang anak mahasiswa baru lulus SMA ketika harusnya libur, ini masih harus bangun pagi demi mendengarkan ceramah umum di sebuah aula besar? Tentu saja cuma datang absen lalu tidur di aula atau sibuk ngobrol dan gebet sana sini.

Tapi ternyata, mempelajari cara membuat dan memperlakukan manusia lebih manusiawi itu memang tidak mudah. Ga percaya? Di tahun 2019 ini saya mengalaminya, hehehe... sebuah pembedaan perlakuan, manusia yang memperlakukan seorang manusia dengan tidak berbudaya apalagi mempertimbangkan sisi psikologi, sosiologi dan logika. Apa sih ini ribet bener, intinya adalah ya saya diperlakukan hampir tidak manusiawi, dan perlakukan itu berdasarkan working performance, blah!

Dianggap tidak mampu melakukan suatu, tidak diundang ke sebuah acara dimana semua orang hadir padahal saya ada di sana, tidak diikutsertakan dalam sebuah meeting, tidak ditanggapi opininya ketika semua orang ditanya bagaimana komentarnya terhadap sebuah kasus, dan beberapa lainnya.

Apakah saya baper? Kalau sekali saja, mungkin bisa dikatakan baper, tapi kalau beberapa kali, bukan perasaan lagi yang berbicara tapi logika, ada yang salah dengan ini. Ya kan?

Jadi sudah seberapa manusiawi kamu memperlakukan seorang manusia?


Semoga semua manusia diperlakukan sebagaimana selayaknya manusia diperlakukan,
Cheers,





No comments: